KUNJUNGAN ORIENTASI P3GI BERSAMA PTPN X KE CALON KEBUN DEMOPLOT ARISA – CSIRO di MADURA

P3GI telah mengajukan proposal Proyek ARISA – CSIRO berjudul “Pengembangan

Tebu di Wilayah Madura – Peningkatan Produktivitas Tebu di Pulau Madura melalui Perbaikan Kultur Teknis, Penyuluhan dan Dukungan Kebijakan yang Efektif”, tahun 2015-2018.

Sambil menunggu evaluasi/penilaian proposal yang diajukan, dilakukan orientasi calon lahan demoplot di Madura.

Lokasi yang dikunjungi antara lain adalah:

  1. Kebun Percobaan (KP) milik PTPN X di Kabupaten Bangkalan Kecamatan Kamal dengan luas bruto 199 hektar. Kebun tersebut telah ditata dan dipersiapkan menjadi kebun sesuai standar kebun tebu giling menggunakan full mekanisasi, misalnya dengan persiapan main road (jalan utama kebun) sepanjang 3 km dan in field (jalan antar kebun)
  2. Kebun milik petani tebu di Kabupaten Bangkalan Kecamatan Kamal. Secara umum tanah di Madura mempunyai kandungan BO kurang dari 1 dan curah hujan rendah, dengan tipe iklim D-E. Lahan yang tidak dikelola masih cukup luas, pada lahan tadah hujan masih mempunyai potensi untuk dilakukan manajemen konservasi air misalnya dengan memanfaatkan saluran alami sebagai tampungan ketika musim hujan.
  3. Kebun milik petani di Kabupaten Pamekasan Kecamatan Tlanakan potensi lahan masih memungkinkan ditingkatkan dengan memperbaiki teknik budidaya dan input sarana produksi yang sesuai dengan kondisi kesuburan tanah.

Secara umum lahan di Madura masih berpotensi ditingkatkan produktivitasnya untuk tanaman tebu, pengairan perlu mendapat perhatian yang harus dapat dipecahkan melalui proyek ARISA CSIRO misalnya dengan pengadaan pompa P2AT (sumur dalam). Upaya konservasi air perlu memperhatikan kondisi fisiografi lahan untuk mendapatkan hasil yang optimal dengan input minimal.

No comments yet! You be the first to comment.

Add Comment:

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *