KUNJUNGAN TIM BANK INDONESIA (BI) DI P3GI

SELASA, 17 NOVEMBER 2016

Tim Bank Indonesia yang terdiri atas 10 orang yaitu 5 orang yang sudah menyelesaikan SekolahPimpinan (Sespim) BI, 2 orang dari R&D BI,
1 orang dari Bidang Komunikasi BI, serta 2 orang perwakilan BI Surabaya; mengadakan kunjungan dan diskusi di P3GI. Kunjungan ini dilaksanakan dalam rangka kegiatan Studi Strategis Dalam Negeri (SSDN) BI untuk membekali karyawan dengan ketrampilan leadership, memperluas jejaring, membangun kemitraan, serta mempertajam pengetahuan dan pengalaman dengan fakta-fakta yang terjadi di lapangan sehingga dapat melahirkan pemikiran strategis untuk memperkuat perekonomian bangsa.

Diskusi berlangsung seru dan hangat dan berkisar pada topik on-farm, off-farm, kebijakan pergulaan nasional (untuk gula kristal putih), dan dinamika gula kristal rafinasi dalam percaturan gula nasional. Di bidang on-farm dibahas kontribusi P3GI dalam penyediaan varietas unggul tebu baru yang memiliki kadar CCS (Commercial Cane Sugar) atau setara rendemen lebih dari 10%. Kenyataan di lapangan yang menunjukkan kecenderungan merosotnya produktivitas (baik tebu maupun gula) perlu dicermati, apakah karena akibat dari keprasan yang berulang-ulang, budidaya tebu yang sub-optimal, atau karena dampak dari praktek penentuan rendemen individu yang tidak akurat.

Di bidang off-farm digarisbawahi perlunya dicermati kegiatan pasca panen tebang muat angkut (TMA) dan pergerakan tebu antar wilayah yang berdampak pada kehilangan gula (penurunan) di batang tebu, dan penurunan rendemen. Sedangkan di bidang kebijakan, ditinjau secara mendalam tentang komitmen pemerintah dalam bentuk kebijakan yang konsisten dan membangkitkan insentif, penyediaan biaya riset untuk menghasilkan varietas tebu unggul baru, serta kebijakan reposisi status hukum dan kelembagaan P3GI karena hasil-hasil riset P3GI merupakan public goods yang seharusnya dibiayai oleh negara. Kementerian Pertanian sebagai pihak yang ‘memegang bola’ saat ini sebaiknya segera membuat kebijakan baru tentang status hukum dan status kelembagaan P3GI, sehingga keterlibatan negara dalam penelitian gula menjadi jelas dan valid.

Rombongan BI juga berkesempatan menyaksikan penyiapan pengiriman bibit tebu ke beberapa pelanggan, laboratorium pemurnian, explant P3GI, dan berkeliling di beberapa lokasi yang menegaskan bahwa P3GI adalah lembaga penelitian tebu/gula tertua dan sampai saat ini masih tetap setia untuk berkarya bagi bangsa. Tidak ada satupun industri gula di dunia ini yang tidak memiliki lembaga penelitian yang kuat, bahkan di negara produsen gula yang efisien sekalipun seperti Australia. Oleh karena itu, penguatan kelembagaan penelitian tebu/gula sangat diperlulkan untuk kemajuan industri gula dalam negeri.

SONY DSC

Diskusi diruang pertemuan P3GI

SONY DSC

Kunjungan Ke Kebun Percobaan Pasuruan

SONY DSC

Foto Bersama Pimpinan Bank Indonesia (BI) dan Pimpinan P3GI

No comments yet! You be the first to comment.

Add Comment:

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *