Close

Kunjungan eRcane Perancis

Pada hari Jumat, 18 Oktober 2019, P3GI menerima kunjungan dari Bernard SIEGMUND, direktur sekaligus perwakilan eRcane. eRcane merupakan sebuah institusi penelitian gula yang terletak di Reunion Island, pulau milik Perancis di Samudera Hindia. eRcane telah membuat kontribusi besar dalam mengembangkan industri gula di Reunion Island melalui seleksi berbagai varietas unggulan baru dan melalui riset dalam bidang genetika, agronomi, serta teknologi.

Acara yang dimulai sejak pukul 14.30 siang diisi dengan kegiatan presentasi dari pihak eRcane. Materi yang dijelaskan terdiri dari pengenalan tentang kondisi geografis Reunion Island, sistem budidaya tebu di pulau tersebut, dan pengenalan beberapa varietas unggulan eRcane. Lahan-lahan tebu di Reunion Island memiliki jenis tanah dan kondisi iklim yang sangat bervariasi, dengan curah hujan antara 500-5000 mm. Dengan kondisi demikian, sistem pengelolaan tebu yang diterapkan pun berbeda. Ada lahan basah dan lahan tadah hujan (rainfed). Pihak eRcane sangat menaruh perhatian terhadap pengembangan varietas tebu. Tiap varietas memiliki kecocokan yang berbeda di wilayah yang berbeda di Reunion Island. Mereka dapat memilih varietas-varietas yang dapat beradaptasi di kondisi agroklimat lokal atau spesifik di pulau tersebut. Selain dalam rangka untuk meningkatkan hasil gula dan rendemen, kegiatan pemuliaan dan pemilihan varietas tebu yang tepat juga bertujuan untuk meningkatkan resistensi penyakit dan kemampuan tanaman untuk dikepras (ratooning ability).

Pihak eRcane menyampaikan rasa terima kasihnya kepada P3GI yang telah memberikan kesempatan berkenalan. Ke depannya, diharapkan akan terjalin kerjasama riset yang baik antara kedua lembaga ini. Acara ini kemudian ditutup dengan sesi tanya jawab dan foto bersama dengan para peneliti P3GI.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *