Presentasi Potensi Produksi Gula Cair dari Sorgum

Senin, 5 September 2020 Pusat Penelitian Perkebunan Gula Indonesia, kedatangan tamu dari PTPN X untuk melihat presentasi dari para peneliti di P3GI tentang Gula cair yang dihasilkan oleh Sorgum.

Sorgum (Sorghum spp.) adalah tanaman serbaguna yang dapat digunakan sebagai sumber pangan, pakan ternak dan bahan baku industri. Sebagai bahan pangan, sorgum berada pada urutan ke-5 setelah gandum, jagung, padi, dan jelai. Sorgum merupakan makanan pokok penting di Asia Selatan dan Afrika sub-sahara.Ladang sorgum di Barukku, Sidenreng RappangMalai sorgum varietas Numbu

Sorgum juga mengandung serat tidak larut air atau serat kasar dan serat pangan, masing-masing sebesar 6,5% – 7,9% dan 1,1% – 1,23%. Kandungan proteinpun seimbang dengan jagung sebesar 10,11% sedangkan jagung 11,02%.

Begitu pula dengan kandungan patinya sebesar 80,42% sedangkan kandungan pada jagung 79,95%. Hanya saja, yang membuat tepung sorgum sedikit peminat adalah karena tidak adanya gluten seperti pada tepung terigu. Masyarakat indonesia sudah tenggelam dalam nikmatnya elasitisitas terigu, karena tingginya gluten, dan inilah yang membuat adonan mie, dan roti menjadi elastis.

Triantarti, M.Sc, menuturkan bahwa Teknologi Pembuatan Sirup invert dari nira tebu sudah diteliti oleh P3GI sedangan Teknologi invert dari Nira Sorgum perlu ada kajian dan sedikit modifikasi dari teknologi dengan bahan baku nira tebu.

No comments yet! You be the first to comment.

Add Comment:

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *