IMG_2926

Kegiatan IKAGI Temu Teknologi Industri Gula Nasional

Kegiatan IKAGI Temu Teknologi Industri Gula Nasional, 20 April 2022

 

Kegiatan Webinar IKAGI seies #2 Best Practices Of On Farm Technology ini dilaksanakan pada hari Rabu, 20 April 2022 yang dilakukan secara hybrid yaitu online via zoom dan offline di gedung H milik P3GI. Sasaran peserta adalah para pemerhati industri gula, perwakilan dari setiap perusahaan/pabrik gula, stakeholder seperti pemerintah dan perguruan tinggi. Susunan acara terdiri dari 3 sesi antara lain sesi 1 membahas tentang iklim basah dan produktivitas yang dipandu oleh seorang moderator atas nama Oktarani Eka, SP. (PTPTN X) dan 2 narasumber yaitu Arinta Rury Puspitasari, SP., MP. dengan materi “Fenomena Iklim Basah dan Fluktuasi Porduktivitas Gula” dan Etik Mar’ati Achadian, S.Si., MP., selaku pemakalah kedua dengan materi “Fenomena Serangan Hama dan Penyakit di Tahun Basah”.

 

Sesi kedua dalam kegiatan webinar ini ialah tentang “Succes Story Increasing Sugar Productivity” yang dipandung oleh Nurika Aini Yuniasari (P3GI) dan 3 orang narasumber antara lain Ms. Nattapat Khumla (Nakhon Sawan Field Crops Research Center, Thailand) dengan materi “Succes Story: Increased Sugar Productivity in Thailand”, Bapak Winarsono (Pabrik Gula Djatiroto) dengan materi “Peningkatan Produktivitas Gula di PG Djatiroto”, dan Bapak Edy Purnomo (Pabrik Gula Gempolkrep) dengan materi “Peningkatan Produktivitas Gula di PG Gempolkrep”.

 

Sesi ketiga dalam kegiatan ini ialah tentang “Plant Nutrition And Strategy To Solve Fertilizer Scarcity” yang dipandu oleh Ibu Aldilah Yuanisa (PTPN XI) dan 2 orang pemakalah antara lain bapak Dr. Ir. Arief Hartono, M.Sc. dengan materi “Strategi Penggunaan Pupuk sebagai Solusi Kelangkaan Pupuk pada Komoditi Tebu” dan Mr. Dr. Nader Sallam (Agronomist – Mosman Agricultural Services, Australia) dengan materi “Improving Farm Nutrition and Productivity”.

 

Dari hasil temu teknologi On Farm diharapkan dapat memberikan pengetahuan dan langkah antisipasi dalam menghadapi musim giling 2022. Tujuan akhir yang diinginkan adalah adanya peningkatan produksi tebu dan gula di tahun 2022.

Tags: No tags

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *