Perkembangan Penelitian Seleksi Isolat Trichoderma spp. Berdasarkan Enzim Kitinase Dalam Pengendalian Penyakit Jamur Pada Tebu

Salah satu faktor pembatas produktivitas tebu adalah keberadaan penyakit tanaman. Penyakit yang dapat menurunkan produktivitas diantaranya penyakit busuk akar dan pangkal batang, penyakit luka api, penyakit pokahbung dengan gejala lanjut dan penyakit yang disebabkan oleh jamur lainnya. Jamur memiliki dinding sel yang tersusun oleh kitin dan glukan. Salah satu agen hayati yang memproduksi enzim kitinase adalah Trichoderma sp. Mekanisme Trichoderma sp dalam menghambat perkembangan jamur patogen melalui antagonisme, kompetisi, antibiosis dan mikoparasitisme. Salah satu mekanisme yang bersifat merusak patogen adalah produksi enzim kitinase. Mekanisme inilah yang akan dimanfaatkan untuk meningkatkan kemampuan agen hayati dalam menekan pertumbuhan jamur patogen. Penelitian ini baru dimulai pada akhir bulan desember 2022. Kegiatan penelitian saat ini pada tahap eksplorasi agen hayati Trichoderma sp di PTPN VII yang merupakan daerah endemik penyakit busuk akar dan pangkal batang xylaria sp. Kegiatan akan dilanjutkan dengan eksplorasi Trichoderma sp  pada daerah endemic penyakit luka api dan pokahbung di PTPN wilayah Jawa Timur.

Tahap Eksplorasi

Tahap ini digunakan untuk mencari agen hayati Trichoderma sp pada daerah endemik penyakit tertentu. Manfaat kegiatan ini adalah agen hayati yang diperoleh merupakan agen hayati yang mampu bertahan pada tekanan patogen tertentu sehingga diharapkan mempunyaki kemampuan yang baik dalam menekan perkembangan patogen. Sampel tanah diambil pada daerah rizosfer.

 

Tahap Isolasi

Tahap isolasi merupakan tahap untuk mendapatkan isolat murni agen hayati Trichoderma sp dengan melakukan isolasi tanah pada media Potato Dextrose Agar (PDA) Setelah koloni jamur pada tanah tumbuh dipilih jamur dengan ciri jamur antagonis Trichoderma sp. Jamur antagonis tersebut dimurnikan dengan isolasi pada media PDA yang baru.

Tags: No tags

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *