TEKNOLOGI

TEKNOLOGI CORE SAMPLER HORIZONTAL & PERALATAN PENDUKUNG

(DESAIN P3GI)

Inventor : Bambang Eddy Santoso dan Subhanuel Bahri

 

Dalam sistem penentuan rendemen tebu yang berlaku saat ini, rendemen ditetapkan berdasarkan analisis nira perahan pertama (NNPP) yaitu dihitung dengan rumus NNPP x faktor rendemen (FR) (Inpres No. 9 / 1975;  SK Mentan   022  / SK / Mentan /  BPB / 1975). Pada aplikasi di lapangan, untuk melindungi pendapatan petani tebu rakyat (PTR) FR dinyatakan sebagai FR minimum, yaitu suatu faktor konstan yang berlaku di suatu wilayah tertentu di mana jika FR yang dicapai pabrik gula lebih rendah dari FR minimum harus digunakan FR minimum; jika terjadi sebaliknya digunakan FR yang dicapai pabrik gula.  Di lain pihak, untuk melindungi pabrik gula diberlakukan rendemen efektif yang ditetapkan setiap satu periode giling berdasarkan keseimbangan kristal, berat kristal nyata dihasilkan = berat kristal menurut analisis NPP (Anonim, 1984).

Sistim Core Sampler desain P3GI dibuat dimaksudkan untuk mengambil sampel tebu secara acak dengan cara mengebor tumpukan tebu di atas alat angkutan tebu yang bersala dari lori. Peralatan Core Sampler tipe Horizontal yang dibuat dan desain oleh P3GI dimulai pada  tahun 2005-2007 dengan anggaran APBN (DIPA). Termasuk peralatan pendukung lainnya yaitu, Shredder dan Hydraulic Press pada TA 2004-2007. Tahun 2007 Core sampler yang telah dibuat dan diuji coba adalah tipe Horizontal untuk tebu di atas lori. Beratnya sekitar 2 ton, kapasitas sekitar 2,7 menit per lori, atau 2667 TCD (asumsi per lori mengangkut 5 ton tebu), Gambar 1.

Core sampel ini dapat dipindahkan ke tempat lain (movable) dan dapat dimodifikasi (modivable) ke tipe vertikal. Tebu di dalam lori  dibor dengan Core sampler pada sudut kemiringan bor sebesar 60 obusur. Tebu yang terambil sekitar 4-8 kg potongan tebu yang terdiri dari tebu atas, tengah dan tebu bawah yang mewakili semua atribut kualitas tebu a.l. kotoran tebu dll.

 

Gambar 1. Core Sampler Tipe Horizontal (desain P3GI)

 

Peralatan Pendukung Core Sampler

(a) Shredder

Shredder yang dimaksud adalah alat untuk mencacah tebu hasil dari Core sampler, Gambar 2. Tebu cacah yang dihasilkan mempunyai PI ≥ 90 %. Tahun 2004 Shredder yang telah selesai dan telah diuji coba adalah tipe motor bensin, Gambar 2.a. Pada tahun 2007 telah dibuat Shredder tipe motor listrik, Gambar 2.b. Kedua-duanya movable dan berkapasitas 1,5 menit per sampel.

(b) Hydraulic Press

Hydraulic press adalah alat untuk memerah tebu cacah hasil dari Shredder. Tahun 2004 Hydraulic press telah dibuat dan diuji coba. Tekanan pemerahan maksimal 300 kg/cm2, dan pada umumnya digunakan 250 kg/cm2 seperti untuk memerah tebu di gilngan I pabrik gula. Faktor perah 55 – 70 %, bergantung pada kondisi tebu dan kerapatan tebu cacah. Volume nira yang dapat dihasilkan sekitar 1 – 3 liter sekali perah. Kapasitas alat 1,5 menit per sampel, Gambar 3.

(a)

 

(b)

Gambar 2. Shredder (desain P3GI), tipe motor bensin (a) dan tipe motor listrik (b)

 

Gambar 3. Hydraulic Press (desain P3GI)